Sabtu, 26 November 2011

Dari Syufu 
Hingga ke Terapi Ikan

Setelah lelah berlatih Syufu, kamipun siap-siap melaksanakan ibadah selanjutnya, yaitu ibadah jum'at. Alhamdulilah saat itu saya ada jadwal khutbah jum'at di Wanareja, Jawa Tengah, dan inilah cerita perjalanan saya dengan Akh Gugum ke Wanareja dan sebaliknya:

1. Terapi ikan adalah pilihan utama ketika kami sampai di Wanareja sebelum dan setelah ibadah jum'at. Terlihat Akh Gugum sedang asyik merasakan hisapan ikan, ditempat Terapi Ikan Mesjid Fastabiqul Khairat, Rumah Makan Murah Meriah, Wanareja.





















2. Terlihat ikan sedang menghisap kaki Akh 
Gugum, hemm...kayaknya banyak penyakitnya ni kaki, ikannya pada suka...
3. Ini fhoto Akh Gugum di bawah patung Pangeran Diponegoro, patung ini adalah salah satu tanda pembatas antara JAWA TENGAH dan JAWA BARAT. Antum yang lewat ke sini, berhentilah dan berfhotolah! he...
4. Kalo di JAWA TENGAH patung diponegoro dengan kudanya, nah kalo di JAWA BARAT, patung tentara dengan harimau-SILIWANGI tea-
5. Nah, kalo ini fhoto guru syufu kita di samping sungai Citandui, sungai yang mengairi berhektar-hektar sawah di daerah Banjar dan sekitarnya, disinilah tepatnya BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) berada.
6. Ehm, guru kita yang satu ini bener-bener hobi di fhoto. Ini adalah setir pembuka pintu irigasi yang diatur berkala untuk mengairi pesawahan.
7. Nah ini pangeran diponegoro dengan kudanya, dan dibawahnya ada anak kudanya--hahaha. Awas ketendang pa guru.
8. Ini ni yang harus kita tau, pilosofinya orang JAWA BARAT. Apa artinya ya?
9. Tugu perbatasan ini diresmikan tahun 2004
10. Ini tugu yang bersebrangan dengan patung kuda Pangeran Diponegoro, dan tentunya pa guru kita disana.

11. Tugu Jawa Tengah, tempat nongkrong anak muda daerah setempat dan tempat istirahat sambil berfhoto sebagian orang yang lewat jalan utama -jalan provinsi- tersebut bahkan turispun demikian.
12. Biasanya kalo sedang surut, airnya jernih, bahkan sebagian anak-anak sering memanfaatkannya untuk mandi dan berenang di sungai citanduy ini, disebrang dari berposenya guru kita, adalah lapang golf kota Banjar, subhanaloh, luar biasa,
13. Terapi Ikan ini adalah ide cemerlang dari Pemilik warung nasi Murah Meriah, Ust Misbah Abdul Hakim untuk sedikit menyenangkan para pengunjung warung dan orang-orang yang shalat dimesjid Fastabiqul Khairat dengan sedikit relaksasi, lewat terapi ikan yang menggelikan sekaligus menyehatkan. Siapa mau coba?
14. Ehm, santainya ni yang di fhoto, mudah-mudahan ga bosen datang lagi ke Banjar, Kota perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.
























Inilah sekelumit perjalan kami setelah latihan Syufu, berangkat ke Wanareja dan kembali lagi ke Banjar sambil fhoto-fhoto di perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah, dimana perbatasan ini ditandai oleh sungai Cijolang, sungai yang banyak menghasilkan pasir yang lumayan berkualitas. Mudah-mudahan jadi bahan renungan untuk kita semua dan sedikit memberi info bagi yang buta dengan daerah perbatasan, khususnya daerah Banjar. Amas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar